#part 3 Ngulik NMax, DIY Imax Smart Key Sistem Pada Yamaha Nmax


Kembali lagi, kali ini melanjutkan dari postingan sebelumnya yaitu part-2-ngulik-nmax-unboxing-max-digital-smart-key, jadi kali ini saya akan bahan tentang instalasi dalam Nmax. Dalam paket penjualannya sendiri telah disertakan dengan buku panduan untuk instalasi smart key ini, namun tidak spesifik pada untuk setiap motor. Maka kita harus explore sendiri tentang pemasangan produk ini.

 

 

  1. Langkah awal pelajari terlebih dahulu kinerja perangkat ini, ada arus input yang nanti kita sambungkan dari konci kontak, selanjutnya adalah instalasi kable ke switch standar samping, ketika menentukan posisi modul, agar susah dijangkau oleh tangan-tangan tidak baik, menentukan posisi reader immobilizer, terakhir kita tentukan posisi buzzer dan led indikator.
  2. Persiapkan tools agar bisa menunjang kerja kita, Obeng + dan -, Kunci L dengan ukuran 8, kabel ties/rivet/pengikat kabel, isolasi listrik.
  3. Selanjutnya baca doa, agar nanti bisa bongkar dan bisa pasang, jangan sampai tidak bisa pasang kembali.
  4. Bukalah plat nomor bagian depan, setelah itu buka 4 baut plastik pengikat windshield, hati-hati baut ini terbuat dari plastik yang gampang rusak. setelah windshild terlepas, buka 3 baut pengikat cover belakang windshild tadi di samping kiri kanan spidometer, dan ditengah depan sisanya. Setelah baut terlepas, tarik perlahan bagian kiri dan kanan sebelah spidometer ke atas, memang sedikit keras, karena cover saling kait antar satu dan lainnya.
  5. Setelah terlepas, carilah kabel stopkontak dan pasangkan kabel kita bawaan dari I-Max smartkey sesuai dengan petunjuk, instalasi kabel dengan soket bawann motor tidak akan keliru karena telah di buat sedemikian rupa agar plug an play. Namun pastikan warna kabel sama dengan warna kabel yang akan dipasang (ada 2 kabel merah dan cokelat).
  6. Setelah itu bukan cover samping ( V shape) sebelah standart samping, dengan membuka baut + yang terdapat 2 di bagian depan, dan 1 didekat footstep penumpang. Hal ini dilakukan untuk menyambungkan kabel I-Max smartkey, cari soket dengan warna sangat berbeda dengan lainnya, lalu pasangkan, soket tidak akan keliru, karena telah plug and play. Lakukan perapihan kabel agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Pasang modul dan tentukan posisi aman disekitar spidometer gunakan doubletipe yang terdapat dibelakang modul dan tambahkan kabel ties/rifet agar modul mengikat sempurna.
  7. Pasang LED indikator dan buzzer, disini buzzer di bungkus dengan plastik, jangan dibuka, karena ini platik pelindung agar buzzer tidak rusak kemasukan air. Untuk indikator LED saya arahkan ke arah headlamp, agar terlihat apabila ada tindakan mencurigakan.
  8. Untuk posisi reader immobilizer, tempatkan pada area yang menurut kita posisi paling aman dan nyaman serta gampang untuk diakses agar kita bisa melakukan verivikasi sebelum munghidupkan motor. Saya tidak bisa ceritakan posisi letak reader saya, karena itu rahasia…..hehehe
  9. setelah semua instalasi perangkat telah terpasang dengan baik, terakhir pasang kabel ground (hitam) pada rangkat besi dari motor.
  10. Akan ada bunyi beep berapa kali menandakan system dengan startup. Lakukan pengetesan dengan cara memutar kunci kontak pada posisi on, setelah 2 detik akan berbunyi beep yang menandakan kita segera verifikasi immobilizer dengan RF-ID card atau smart koin yang disertakan dalam paket. Apabila RF-ID card atau smart koin sama dengan code immbilizer makan beer berbunyi 2 kali, dan kita bisa menghidupkan motor, apabila ditolak maka buzzer dan LED indokator akan menyala terus menerus sampai RF-ID card atau smart koin sukses terverifikasi.

 

Dengan ini terlihat sedikit ribet buat penggunaannya, namum guru security saya sewaktu kuliah pernah bilang, sistem yang aman akan menyusahkan….hehe…demi keamanan #miniblack maka tidak masalah bagi saya.

Setelah semua dirasakan cukup, sebelumnya cek kembali instalasi dan posisi-posisi perangkat terpasang dengan baik, tidak longgar. Kemudian tutup kembali cover body samping, dan cover body bagian atas. Proses pemasangan kebalikan dari posisi membuka. Untuk pemasangan windshield, dengan baut plastik, jangan lakukan putaran baut terlalu  kuat, karena baut ini dan mur yang ada dibawahnya gampang jebol, karena terbuat dari karet. Pasang kembali plat nomor pada posisi semula.

 

Untuk video installasi saya hanya menyertakan video timelapse singkat sewaktu saya melakukan instalasi

 

Untuk sedikit tips dari saya :

  • Mengingat saat ini begal dijalan sedang marak-maraknya, jangan satukan konci kontak dengan smart koin, tempatkan smart koin secara terpisah, atau boleh dibuatkan semacam gelang, untuk RF-ID card simpan didalam dompet.
  • Apabila kita mengalami tindakan kejahatan tersebut, silahkan pinggirkan kendaraan dan langsung matikan posisi kontak pada posisi off, sehingga kelistrikan akan mati. biarkan konci kontak tertinggal pada stopkontak, dan lari untuk selamatkan diri sambil mencari bantuan dari warga sekitar.
  • Kenapa konci kontak tidak dicabut, apabila sang begal ingin membawa kabur motor kita, maka dia akan melakukan kontak pada posisi ON, maka Immobilizer akan menunggu verifikasi dari RF-ID card atau smart koin, selama munggu tersebut motor tidak bisa dinyalakan, dan buzzer akan terus berbunyi dan akan menarik perhatian warga/orang-orang sekitar.

Kekurangan perangkat ini :

Secara Funsi bagi saya telah cukup minimal menghambat atau mikirlah sang pengganggu untuk mengurungkan niat kurang baiknya pada kita, tapi untuk versi dari perangkat lain dari ini, telah terdapat fitur keyless, sama seperti YAMAHA Aerox 155 S version yang baru-baru ini dibukan indentnya. Tidak dapat mengintrol penuh terhadap motor, yaa iyaa laah ini bukan alarm bro, tapi immobilizer….hahaha

 

oke Sekian dulu dari saya, sampai ketemu lagi pada postingan selanjutkan.

 

 

 

 

 

 

 

support by :

 

 


Leave a Reply