KOITO Japan Bi-LED Functional Projector Headlamp


Sebelumnya mungkin maen2 di jaringan komputer, saat ini pindah ke hobby ngoprek barang aneh-aneh.

Sebelumnya saya dapat tawaran sebuah lampu mobil, tepatnya barang bekas istilah lainnya barang copotan, bukan nyolong yeee, tapi part ini didapat biasanya dari ex mobil yang abis tabrakan/crash. pada awalnya teman saya bilang projector lexus, tipe LED bisa low beam dan highbeam. saya pikir wah menarik ini. saya minta fotonya, ketika foto dikirimkan saya sangat asing dengan barang ini, akhir sebelum memutuskan untuk meminangnya, saya minta bantuan sama mbah untuk cari infromasi lebih dalam tentang barang tersebut, 2 hari saya cari-cari informasi, didapatlah informasi dari sumbernya dari negeri sakura, sebuah perusahaan ternama dijepang yang spesialis produksi lampu-lampu mobil, yaitu koito.

 

Sumber dari website koito


liat aja deh langsung penampakannya.

sekilas terlihat seperti projector keluaran koito sebelumnya, mendekati tipe rx350. Dengan Lensa 3″ diharapkan bisa dapat output yang lebar.

Setelah dibongkar frame lensanya, didapatkan mekanisme highbeam masih menggunakan selenoid seperti projector-projector hid sebelumnya.

uniknya, pada projector ini telha dilengkapi oleh kipas bawaan yang dipasang oleh pabrikannya, sepertinya lebih panas nech dari HID….hehehe….

Bentuk belakang yang mungil membuat projector ini sangan ringkas, dan gak ada lagi embel2 bulb/ pig tail di belakang ini.

dan saatnya bongkar jantungnya….

tertanam sebuah LED, dengan kontroler LED bawaan yang sangat kecil. Dan ada beberapa keterangan seperti Computer Light Controler LED, LEXUS, TOYOTA, KOITO DM008, 12V 15-35W, MADE IN JAPAN.

Koito Mengeluarkan produk ini bertujuan untuk menampilkan beberapa keunggulan dari produk mereka yang lain seperti LED proses nyala lebih cepat ketimbang HID, Output cahaya terlihat putih, tahan lama , dan konsumsi daya yang rendah , lampu LED merupakan sumber cahaya ramah lingkungan.

Unit LED yang digunakan oleh koito pada produknya ini dengan spek LED flux cahaya yang 1,6 kali
lebih terang dari LED konvensional (2.250 lm) dan modul driver LED 70% lebih kecil dari yang konvensional (sekitar 46 cm ) untuk menjaga kinerja dari LED ditanamkan pendinginan berupa kipas dan heat sink . Ini adalah 70% lebih kecil (2.700 cm) dan berat secara keseluruhan 60% lebih ringan dibandingkan dengan unit LED konvensional sebelumnya. Selanjutnya, konsumsi daya sekitar 25% (20 W / kendaraan).

Dan projector ini dipasang pada toyota prius Alpha 2015, what…?? brati ini projector baru banget donk, dan mungkin prius alpha pertama yang crash kali yaaa…!!

Dibalik itu semua, dari generasi BMW E46 yang telah menggunakan projector sebagai lampu utama, sampai yang terkenal ditanah air, mulai dari alpard, camry, CRV, rush, terios, S2000, lexus series, dan banyak lagi, sampe terakhir ini all new jazz RS, menggunakan single low beam LED projector. hal ini para disainer dan produsen mobil berusaha menciptakan mobil yang hemat energi, salah satunya menggunakan LED sebagai media penerangan pada kendaraan mereka, bandingkan saja, hologen standar menggunakan 55watt/60watt untuk satu sisi, dikalikan dua. Dan juga HID dengan spek 35watt, tapi dengan daya tahan terbatas.

Nah untuk outputnya gmn nech, saya ambil gambar cuman dengan HP butut, iso 400, exp.0 jarak ke tembok sekitar 10meter.

ini lampu yang saya gunakan sehari-hari, dengan spek HID 35watt, dengan projector RX350, menggunakan blub 5000k. foglamp HID 35watt, projector MH1, dengan bulb 4300k.

Posisi Lowbeam, terlihat distribusi cahaya cukup lebar, dengan intensitas cahaya ditengah.

Untuk highbeam sangat tajam, lebih tajam dari RX350 yang saya gunakan sekarang.


ini gambar lowbeam yang dibantu dengan foglamp Mh1 35watt 4300k


ini gambar highbeam yang dibantu dengan foglamp Mh1 35watt 4300k
nah outputnya agak mirip sama rx350, tapi distribusi low sm highbeam lumayan dari pada rx350 dengan daya kira-kira sama 35watt. Test berikutnya pengetesan Daya murni yang dibutuhkan oleh projector ini, harus dibawa ke LAB elektronika nech…hehehe….

 

support by :

 


Leave a Reply