Ngobrol Ngidul tentang Maxi Yamaha Varian NMax Minor Change 2016


Bertemu kembali, kali ini sedikit berbeda dari preview sebelum-sebelumnya. Pada kesempatan kali ini saya akan preview produk otomotif. Memang dari dahulu kala saya mempunyai darah otomotif (ciee….ciee…) karena orang tua saya dulu punya sebuah bengkel motor, yaaaa buah gak jatuh jauh dari batangnya. Tapi sukur alhamdulillah, buahnya ngelinding mencari tempat baru untuk bisa bertahan hidup….hehehe…….

 

Kembali ke topik, kali ini saya bawa sebuah Maxi dari YAMAHA Motor Indonesia, bukan YAMAHA MUSIK yaa. Konon katanya Maxi terlaris saat ini. Maxi yang dari dulu membuat saya pengen meminang, tapi dikarenakan ada kebutuhan lain, maka baru sekarang dapat meminang si Maxi YAMAHA ini, pilihan saya jatuh pada varian NMax minor change versi 2017 Midnight Black. Di varian 2017 ini ada sedikit perbedaan dari versi sebelumnya, yaitu pada warna. Warna pada varian 2017 ini, lebih dominan gelap, yang memancarkan aura sangar dari maxi bertitle sport matic ini. warna baru pada varian ini Matt Grey, Anodized Red, Midnight Black dan Milky White menggantikan warna pada varian sebelumnya. Pada warna Matt Grey, Anodized Red, Midnight Black velg berwarna hitam, Behel belakang berwarna Matt Grey, persis dengan versi eropah. Sedangkan warna Milky White tidak ada perubahan sama sekali. Satu lagi perbedaan dari versi sebelumnya, Jok/Tempat dulu varian terbaru mendapat jahitan sesuai dengan lekukan dari bentuk dasar Jok Nmax tersebut.

 

 

Untuk mesin, suspensi, lampu dan lain-lainnya masih sama dengan varian sebelumnya. Untuk info warna lain silahkan liat2 ke dealer yamaha terdekat, kalau kuota internet masih ada, silahkan kunjungi website YMI….( ^^)v.

 

Nah dari pendapat saya pribadi, Kenapa saya memilih NMax ? saya melihat dari disain produk ini, sangan enak untuk dilihat. aura yang terpancar Gagah. Skutik sekelas ini pastilah nyaman untuk dikendarai, eiittss tunggu dulu “Nyaman” ada catatan bagi saya. berikutnya secara teknologi, VVA (Variable Valve Actuation), yang akan memberikan rasa baru dalam berkendara, irit bisa, kencang juga bisa, lampu depan low dan highbeam LED, lampu rem belakang juga LED, namun lampu senja, saen, masih menggunakan bohlam, spidometer fully digital LCD yang menarik dengan berbagai fitur yang bisa di lihat. Kapasitas bagasi lumayan bagi saya, muat 2 mantel hujan dewasa, 1 mantel hujan anak, bisa masuk tas sekolah anak. Sudah cukup bagi saya saat ini. Jok lumayan lebar dibandingkan dari skutik dual purpose x-ride saya sebelumnya.

 

Dari awal pemakaian sampai saat ini telah berjalan 414km, ada beberapa catatan bagi saya. yang paling menjadi perhatian adalah shock belakang yang sangat keras, baik saya berboncengan dengan anak dan istri, masih keras, apalagi ketika melewati polisi tidur dan jalan kurang bagus. Namum ketika dapat jalan mulus, TOP bgt..bgt….deh…stabil bgt…bgt….namun kembali lagi, skutik ini saya gunakan buat mobilisasi saya sehari hari. Jalan yang saya lewati cendrung 45% jalan kurang bagus dan banyak polisi tidur. Dan ini akan sangat menyiksa saya dan keluarga dengan karakter suspensi yang keras. Namun dari pihak YMI telah mengeluarkan option shock bertipe soft, namun saya belum berniat untuk mengganti, karena YMI menjual shock ini secara terpisah. Dengan mahar 560rb perpasang. Ada juga opsi lain, tentu ke aftermarket yang menawarkan banyak pilihan, mulai dari MHR, Ride IT, YSS, sampai merek terkenal Ohlins juga mengeluarkan pake shock untuk NMax ini.

Catatan saya berikutnya adalah suara dan getaran mesin yang agak kasar, oke, no problem is okey. karena masih masah inreyen, dan belum service pertama, mungkin hal yang bisa sedikit di toleransi, tapi ini tetap akan saya sampaikan ketika service pertama. Dari beberapa user penunggang NMax, mereka mengatakan, setelah service pertama, pilihlah oli mesin dan gearbox yang sedikit kualitas diatas oli dari standart YAMAHA, ini sedikit akan bisa mengurangi suara dan mesin.

 

Kekurangan lainnya tidak ada parking brake, seperti Xride saya sebelumnya, jadi untuk berhenti diTraffic Light, kita harus menahan tuas rem, “Pegal Coy”……apalagi durasi APIL sampai 90 hitungan mundur….hehehe…..

 

Untuk soal seberapa Irit skutik ini, secara kapasitas mesin 155cc, Boros pastinya ….!!?? hmmmm tentu YMI mendisain ini skutik tentu sudah ada target yang akan mereka capai, mungkin performa, dan irit bahan bakar. Tentu dengan ada teknologi VVA bisa menjawab pertanyaan tadi. Dari user pengguna NMax, ada yang bisa memperoleh 48km/L, 48km untuk 1 liter bahan bakar. berarti dari bandung ke jakarta kalau via toll bisa cuman butuh 3 liter bahan bakar…WAW, namun saya saat ini, hanya bisa mencapai 36.1km/L, tentu dengan kondisi jalan dan traffik berbeda pada saat saya berkendara.

Untuk jenis kosumsi bahan bakar untuk NMax ini, jangan lah dikasih premium, kasihan mesinnya, masak motor mahal gak mampu beli bahan bakar yang bagus, ini bukan nyombong yaah.., minimal Pertalite, recomendasi Pertamax, Kalau bisa Pertamax Turbo. Kebetulan saya dari awal isi Pertamax Turbo, dengan kompresi mesin NMax yang 10,5:1 tentu gak masalah naek satu spek dari rekomendasi Pertamax, kenapa tidak Pertamax Plus. Nah Akhir-akhir ini Pertama Plus sudah mulai digantinya sama Turbo ini. Jadi pilihan cuman jatuhnya pada Pertamax Turbo, “KAMI SUKA TURBO, kata om mobi”.

 

Jadi kesimpulan saya secara singkat tentang NMax ini, cukup sesuai dengan ekspektasi saya dan kebutuhan saya dalam menjalani aktifitas sehari-hari, namun dengan ada beberapa kekurangan-kekurangan yang menjadi perhatian dibeberapa penunggang Nmax masalah bunyi-bunyi dan getar berlebihan dimesin, agar pihak YMI bisa memberikan solusi. Namun dibalik itu semua tentu ada nilai Keren yang kita bawa setiap menunggangi NMax ini. Semua ini hanya perspektif saya pribadi, tidak ada tekanan dan maksud untuk menjatuhkan sesuatu, akan tetapi bisa dijadikan masukan bermanfaat agak bisa menjadi lebih baik.

 

Sekian ngobrol ngidul kali ini, SALAM SELONJORAN…

 

 

 

support by :

 

 


Leave a Reply