#part 1 Ngulik NMax , Membuat Ceret/Kefet/Penahan Lumpur dispakbor depan.


Kali ini ada waktu luang, sambil memandangi mini black (kasih nama sekarang). Ada yang aneh dengan disain spakbor depan NMax ini. Dengan ukuran belakang spakbor tidak menutupi lingkaran ban sampai dengan batas body bagian bawah, dan bisa diprediksi apabila dibawa hujan-hujan pasti kotoran dari ban depan akan masuk sampai ke area spidometer….( ‘–)…

 

Jadi munculah ide untuk membuat penahan lumpur ini dengan memanfaatkan tangan dan kreatifitas yang tidak seberapa ini, yang penting gak keluar duit…..hehehe……

 

nemulah sebuah bahan sisa dari atap kanopi rumah, berbahan polycarbonat yang kata sipenjual bisa tahan sampai 15tahun….waaw…berarti dari postingan ini dibuat, kita liat kondisi penahan lumpur ini pada tahun 2032….hahaha….

Bahan yang saya gunakan adalah :

 

Untuk tools yang perlu dipersiapkan :

  • Gunting seng
  • Pensil
  • penggaris
  • Kunci trapesium ukuran 5
  • obeng +
  • Tang jepit
  • Baut dan Mur ukuran 2mm sebanyak 3 buah
  • Cat semprot kaleng, warna sesuai keinginan masing-masing
  • Amplas halus
  • Kardus bekas secukupnya
  • Niat…

Langkah-langkahnya :

1.Lepas terlebih dahulu spakbor depan dengan membuka 4 baut yang mengikat spakbor depan.

2.Setelah Spakbor telepas, ambilah kardus bekas untuk membuat mal dengan disain sesuai kreatifitas masing-masing.

3.Sesuaikan bentuk dengan spakbor NMax

4.Apabila bentuk telah sesuai dengan keinginan, lalu pindahkan hasil mal ke bahan polycarbonat yang telah dipersiapkan, potong polycarbonat menggunakan gunting seng sesuai dengan pola yang telah digambar

5. Lubangi 3 buat untuk menyatukan polycarbonat dengan spakbor NMax dengan posisi dipinggir kiri dan kanan masing-masing satu, dan sisanya ditengah.

Lubangi sesuai dengan ukuran batu dan mur masing-masing, melubangi bisa menggunakan bor listrik, atau peralatan lainnya.

6. Pasang baut dan mur pada lubang yang telah dibuat dan lakukan fitting pada NMax, diliat, diraba, dan dirasakan telah memenuhi keinginan, lepaskan kembali polycarbonat untuk ke proses selanjutnya

7. Amplas bagian bawah/satu sisi dari polycarbonat, karena yang akan saya cat satu bagian bawah, sedangkan bagian atas di biarkan, ini akan mengeluarkan efek glossy pada media polycarbonat sehingga akan tampak satu bahan dengan spakbor NMax. Dan rapikan hasil potongan.

8. Setelah dirasakan rapi, bersihkan polycarbonat yang telah diamplas dari debu dan kotoran. Selanjutnya lakukan pengecatan dengan cat semprot sekitar 2-3 lapisan tipis dan merata, berikan jeda lebih kurang 6-10menit diantara penyemprotan lapisan pertama dan selanjutnya.

9. Setelah dirasakan cat sudah mengering, selanjutkan merangkai kembali polycarbonat dengan spakbor NMax, pasang dan kencangkan mur dan baut.

10. Pasangkan kembali spakbor seperti semula, kencangkan 4 baut penahan spakbor dan pastikan posisi baut sesuai dengan posisi sebelumnya, perhatikan celah dari ceret/kefet yang dibuat tidak bersentuhan dengan ban, terutama 3 baut dan mur pengikat ceret/kefet tidak bersentuhan dengan ban

11. Rapikan kembali perkakas yang berserakan, sebelum ada yang marah. Dan hati tenang ketika hujan datang.

 

 

Sekian ngoprek kali ini, tunggu hasil2 spektakuler berikutnya di blog saya ini. Hatur Nuhun…..

 

 

support by :

 

 


Leave a Reply